(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Pimpin Apel Kerja Pagi, Dekan FKKH Undana Sampaikan Tiga Hal Penting

KUPANG – Dekan Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan (FKKH) Universitas Nusa Cendana (Undana) menyampaikan tiga hal penegasan dalam apel kerja pagi pegawai pada Senin (27/5/2024).

Mengawali arahannya Dekan FKKH Undana selaku pembina apel kerja pagi mengingatkan kembali kepada seluruh peserta apel bahwa kesehatan, waktu, dan interaksi dengan teman-teman kerja perlu dimanfaatkan untuk bekerja secara optimal dan penuh tanggungjawab.

Di saksikan oleh dr. Kartini Lidia, M.Sc selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKKH Undana, Piter Ly, S.Pt.,M.A.P selaku Kasubag Umum FKKH Undana dan Servolus Seber, ST.,M.Si selaku Pokja Akademik dan Kemahasiswaan FKKH Undana sekaligus bertindak sebagai pemimpin apel bersama seluruh staf di lingkungan FKKH Undana.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Christin memberikan penegasan terhadap tiga hal yang wajib untuk diperhatikan bagi semua pihak di FKKH Undana. “Hal pertama yang perlu menjadi perhatian bersama adalah mahasiswa hampir menyelesaikan semester genap 2023/2024, jadi bapak ibu yang bertugas di bagian dan didukung oleh teman-teman di laboratorium dan lainnya untuk memperhatikan nilai dan mengingatkan kepada dosen, dicek kembali sinkronisasi oleh operator Siadiknona, agar semester ini dapat kita selesaikan dengan baik” ulasnya.

Terkait dengan semester yang akan berakhir ini pula Dekan turut menyoroti terkait permasalahan adanya oknum staf yang mengubah nilai sejumlah mahasiswa dengan mendapatkan imbalan. “ini masuk dalam kategori kejahatan akademik dan juga dalam korupsi. Saya berharap ini tidak terjadi di FKKH” tegas dr. Christin.

“Karena jika terjadi maka sia-sialah dosen yang memberikan kuliah, dosen memberikan ujian dan memberikan praktikum kepada mahasiswa”.

“Jadi kita perlu menjaga martabat diri, martabat institusi, dan martabat Undana” tegas Dr. Christin.

“Kepercayaan yang diberikan kepada teman-teman akademik sungguh luar biasa mari kita bekerja dengan integritas tinggi bukan hanya karena kita adalah unit yang menerapkan zona integritas namun kembali lagi ini adalah anugerah Tuhan dan kesempatan bekerja dan berkarya, mari kita manfaatkan dan gunakan sebaik-baiknya dengan bertanggung jawab dan dengan integritas tinggi” jelas Dekan pertama FKKH Undana.

“Jika mahasiswa membutuhkan bantuan kita kita bantu sesuai dengan kapasitas kita dan bukan dengan melakukan kecurangan. Mari kita sama-sama menyelesaikan semester ini dengan baik dan martabat” tambahnya.

Lebih lanjut Dekan FKKH memberi penegasan tentang komitmen FKKH Undana untuk memperhatikan kebersihan lingkungan. “Yang kedua, kita tetap menciptakan kampus hijau, bersih dan rapi yang dimulai meja kerja kita, area dan lingkungan kerja kita” tegasnya.

“Jadi jangan lupa mematikan lampu, AC saat pulang kantor, dan juga jangan lupa memperhatikan kebersihan bukan hanya OB yang bekerja namun kita juga turut menjaga kebersihan. Mari kita sama-sama berperan untuk meningkatkan kampus hijau, kampus yang bersih dan kampus yang nyaman bagi kita semua” papar Dr. Christin.

Penegasan juga disampaikan oleh Dekan terkait posisi FKKH sebagai salah satu Fakultas pelaksana Zona Integritas di lingkungan Undana. “Yang ketiga, kita tetap sebagai fakultas yang melaksanakan zona integritas” tegasnya.

“Kita memang belum dikunjungi karena kita belum mengajukan diri karena kita terus mengevaluasi diri karena ketertiban masih kurang. Kita sama-sama belajar menegakkan disiplin dan komitmen kita supaya satu saat nanti kita dapat mengajukan diri untuk dievaluasi sebagai Fakultas yang melaksanakan zona integritas” jelas Dr. Christin.

Lebih lanjut dr. Christin juga memberikan menjelaskan terkait pelaksanaan zona integritas yang menjadi penciri zona integritas FKKH Undana yakni menyusutkan atau mengurangi sampah plastik di lingkungan FKKH Undana.

“Kita juga menjadi kampus yang melaksanakan Health Promoting University (HPU) atau kampus yang melakukan promosi kesehatan, yang salah satunya adalah sedang diupayakan mempersiapkan diri untuk kawasan tanpa rokok, kita akan mengajukan ke Dinas Kesehatan agar lingkungan FKKH Undana menjadi kawasan tanpa rokok” ungkap Dr. Christin.

Mengakhiri sambutannya Dekan FKKH Undana memaparkan salah satu prestasi FKKH Undana yang menerima penghargaan dari Kemenkes RI. “Terima kasih atas dukungan bapak ibu semua, FKKH Undana menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan sebagai Fakultas penerima beasiswa afirmasi yang terbanyak tahun 2024” jelasnya.

“Kita bersyukur atas perhatian dari Kemenkes RI dalam hal pendidikan, kita juga sudah membuka kerjasama dengan RS Kemenkes RI yaitu RSUP Ben Mboi, saya berharap suatu saat nanti mahasiswa kita belajar disana untuk Kedokteran dan Farmasi dan jika konsep one health sudah kuat untuk rabies dan zoonosis adik-adik dari Kedokteran hewan dapat belajar juga di sana” papar Dr. Christin. (sap)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *