(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Dekan FKKH Undana Resmi Buka RTM Tingkat Fakultas

KUPANG – Dr. dr. Christina Olly Lada, S.Ked.,M.Gizi selaku Dekan Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan (FKKH) Universitas Nusa Cendana (Undana) secara resmi membuka Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) tingkat FKKH Undana pada Kamis (27/6/2024).

Di awal sambutannya Dr. Christin menjelaskan bahwa ada banyak hal yang dapat dilakukan dalam masa libur akademik. “Walaupun adik-adik mahasiswa libur namun justru ini adalah peak season untuk dosen dalam tugas dan tanggungjawab melakukan tridharma” tegas Dekan.

“Dalam kesempatan libur ini kita harus menyelesaikan berbagai tugas diluar pengajaran seperti penelitian dan pengabdian, tugas managerial juga yang dibebankan kepada kita sesuai dengan perjanjian kinerja yang sudah kita buat dengan pimpinan unit kita masing-masing” lanjutnya.

Menyinggung pelaksanaan kegiatan RTM Fakultas, Dekan memberikan penegasan “Dan ini memang sudah saatnya kita melakukan rapat tinjauan manajemen untuk mengevaluasi sejauh mana kinerja yang sudah kita capai di masing-masing unit” tegasnya. “Jadi mohon kita juga bisa mengevaluasi masing-masing sehingga kita bisa mencapai presentasi kinerja yang sudah diberikan kepada kita dan juga terkait juga dengan serapan anggaran perlu kite perhatikan dan melakukan efisiensi anggaran untuk kegiatan-kegiatan yang telah kita laksanakan untuk digeser untuk kegiatan lainnya” imbuh Dekan.

“Sebagai informasi dan kembali mengingatkan terutama kepada KPS (Koordiantor Program Studi) dan GKM (Gugus Kendali Mutu) yang melakukan penjaminan mutu, bahwa kita telah memiliki hasil AMI (Audit Mutu Internal) dan perlu dilihat tindak lanjut terhadap temuan mayor dan minor, terutama penekanannya temuan mayor yang sudah harus masuk dalam anggaran kita jadi anggaran kegiatan kita sudah mengakomodir solusi dari hasil temuan mayor dalam dokumen AMI tersebut” paparnya.

Lebih lanjut, Dr. Christin memberikan sejumlah penegasan lain kepada seluruh peserta yang hadir, “Dan juga bapak-ibu tolong memperhatikan kenyamanan belajar mahasiswa, masalah listrik, jadi Undana sudah menyelesaikan jaringan listrik dengan PLN (Perusahaan Listrik Negara) namun di unit-unit masih ada masalah-masalah yang harus dilakukan akan dilakukan evaluasi dan tindak lanjut terhadap perbaikan agar sesuai dengan harapan kita” jelasnya.

“Disamping itu ada masalah jaringan internet, memang ini dalam masa libur jadi jika ada masalah dapat diperbaiki. Beberapa waktu lalu tim dari Universitas sudah turun namun tetap kita perlu melakukan evaluasi apakah jaringan internet telah sesuai dengan kebutuhan kita” lanjut dr. Christin.

“Selanjutnya adalah masalah kebersihan sarana prasarana belajar, ruangan termasuk toilet termasuk sarana belajar lainnya seperti LCD dan sebagainya perlu diperhatikan oleh KPS jadi jika ada efisiensi anggaran dari kegiatan dapat diusulkan revisi geser untuk perbaikan dan penyediaan sarana dan prasarana belajar mahasiswa. Silahkan menggunakan efisiensi dari realisasi anggaran semester I tahun 2024 ini, tapi tetap skala prioritasnya kenyamanan dan fasilitas belajar dari adik-adik mahasiswa” tegas Dekan.

Dalam sambutannya, Dr. Christin memberi apresiasi atas kinerja GKM dan GPM (Gugus Penjamin Mutu) FKKH Undana. “Kami menyampaikan terima kasih kepada GPM dan GKM yang telah melakukan beberapa evaluasi dan hasilnya perlu kita perhatikan bersama-sama untuk tindak lanjut, termasuk dekanat yang harus melakukan beberapa langkah sesuai masukan dari GPM sehingga kita semua dalam kegiatan managerial sudah melakukan siklus PPEPP yang menjadi bagian dari penjaminan mutu” pungkasnya.

“Harapannya yang kita lakukan setiap semester dan setiap tahun itu menjadi catatan kohort yang menjadi poin tambahan saat kita melakukan re-akreditasi pada masing-masing Prodi.” harap Dekan.

Dekan juga memberikan penekanannya terkait kerjasama pendidikan di lingkungan FKKH Undana. “Pada semester depan selain kita melakukan upaya tridharma namun ada beberapa pengembangan kerjasama yang dapat kita manfaatkan, dimana telah ada beberapa MoU yang sudah dilakukan dengan beberapa Universitas mungkin kita dapat lakukan PKS masing-masing Prodi, namun catatan untuk Prodi Kedokteran, Prodi Farmasi dan Prodi Kedokteran Hewan, kita juga membuka kerjasama dengan Fakultas dan Universitas lain diluar Indonesia karena kemarin kita ingin mengirimkan mahasiswa untuk magang diluar negeri kita kesulitan mencari mitra diluar negeri, dan yang sekarang berjalan dengan efektif hanya dengan Universtas Miyazaki” ulas dr. Christin. “Karena selain positif untuk akreditasi kita, tetapi juga memberikan wawasan tersendiri bagi mahasiswa yang mengikuti program ini sekaligus membangun networking. Kerjasama ini juga bisa berbentuk ada dosen yang datang, contohnya di Kedokteran Hewan sudah ada kunjungan dari Ceko dimana mahasiswa kita mengikuti program penangkaran penyu, dan Kedokteran serta Farmasi sudah terlibat dengan tim FOHG (Flinders Overseas Health Group), kedepannya mahasiswa lebih banyak terlibat dalam kegiatan bersama ketika kita dikunjungi, imbuhnya.

Dekan turut memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada para KPS dan dosen FKKH Undana yang terus menerus berupaya meningkatkan layanannya. “Saya juga mengucapkan terima kasih terhadap upaya-upaya yang dilakukan oleh para KPS, dosen-dosen dan kepala lab serta teman teman pengelola jurnal dan etik yang berupaya untuk mengingkatkan mutu layanan di masing-masing unit” pungkasnya.

Mengakhiri sambutannya, Dr. Christin menyinggung soalnya inovasi layanan yang dikembangkan oleh FKKH Undana yakni SMART FKKH. “SMART FKKH telah kita soft launching dan beberapa mahasiswa yang ingin melakukan seminar proposal dan seminar hasil sudah menggunakan aplikasi tersebut” jelasnya.

“Bapak ibu sebagai dosen juga bisa mulai mengunakan agar mengetahui penggunaan SMART FKKH, kita sebagai dosen PA (Pembimbing Akademik) juga ketika kita melakukan konsultasi PA bisa melakukan sosialisasi ke mahasiswa PA kita masing-masing” tegas Dr. Christin.

Juni 2024, bertempat di ruang rapat lantai II gedung dekanat FKKH Undana. Hadir dalam RTM FKKH Undana tahun 2024, dr. Kartini Lidia, M.Sc selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKKH Undana, drh. Yohanes T.R.M.R Simarmata, M.Sc selaku Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, drh. Elisabet Tangkonda, M.Sc, Ph.D selaku KPS S1 Kedokteran Hewan, Dr. Magdarita Riwu, S.Farm.,M.Farm.,Apt selaku KPS Farmasi Program Sarjana, dr. Ika Febianti Buntoro, M.Sc selaku KPS Profesi Dokter, Dr. drh. Novalino H. G. Kallau, M.Si selaku KPS Pendidikan Profesi Dokter Hewan, drh. Putri Pandarangga, MS, Ph.D selaku KPS S2 Sains Veteriner, Piter Ly, S.Pt.,M.A.P selaku Kasubag Umum, Servolus Seber, ST.,M.Si selaku Pokja Akademik dan kemahasiswaan, dr. Desi Indria Rini M.Biomed selaku Kepala Laboratorium Kering Pendidikan Dokter, dr. Regina M. Hutasoit, M.Kes selaku Kepala Laboratorium Basah Pendidikan Dokter, dr. I Made Artawan, M.Biomed.,Sp.An selaku Kepala Clinical Skill Lab (CSL) Pendidikan Dokter, drh. Yeremia Yobelanno Sitompul, M.Sc selaku Kepala Laboratorium Klinik, Reproduksi, Patologi, Nutrisi dan Bidang Serumpun Kedokteran Hewan, Dr. Agus Saputra, S.Si.,M.Si selaku Kepala Laboratorium Anatomi, Fisiologi, Farmakologi, Biokimia dan Bidang Serumpun Kedokteran Hewan, drh. Maria A.E.G.A. Gelolodo, M.Si selaku Kepala Laboratorium Ilmu Penyakit Hewan, Kesehatan Hewan Veteriner dan Bidang serumpun Kedokteran Hewan, drh. Larry R. W. Toha, M.Sc selaku Ketua GPM, Anita L. Shinta Amat, S.Farm.,M.Si.,Apt selaku perwakilan GKM Prodi Pendidikan Dokter, drh. Yustinus Oswin Primajuni Wuhan, M.Sc dan drh. Jayusman Arsiyanti Joesoef, M.Si selaku perwakilan GKM Prodi Kedokteran Hewan, Tadeus Adreas Laga Regaletha, S.Si.,Apt.,M.Kes dan Rr. Listyawati Nurina, S.Si.,M.Sc.,Apt selaku perwakilan GKM Prodi Farmasi Program Sarjana, Halena Meldy Asa, S.T.P.,M.Ling selaku perwakilan GKM Prodi Profesi Dokter, drh. Nemay A. Ndaong, M.Sc selaku perwakilan GKM Prodi Profesi Dokter Hewan, sejumlah pimpinan jurnal dan tenaga kependidikan FKKH Undana. (sap)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *