(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Capaian Pembelajaran (CPL)

Durasi Pendidikan Dokter Fase Akademik/Preklinik dilaksanakan selama 7 semester dengan Capaian Pembelajaran (CPL):

CPL Tahun I
  1. Menguasai Konsep Teori Ilmu Biomedik, Mekanisme Dasar Penyakit, Dasar Diagnosis dan Terapi, Imunohematologi dan Ilmu Kesehatan Masyarakat Dasar;
  2. Penguasaan Ketrampilan Belajar dan Penggunaan Teknologi Komunikasi dan Sistem Informasi dalam Pembelajaran;
  3. Memahami Mata Kuliah Umum: Agama, Bahasa Indonesia, Pancasila, dan Kewarganegaraan;
  4. Memahami Mata Kuliah Penciri Universitas: Budaya Lahan Kering Kepualauan dan Pariwisata;
  5. Menguasai Ketrampilan Klinik Dasar.
CPL Tahun II
  1. Menguasai Konsep Teori Ilmu Endokrin Metabolik, Sistem Muskuloskeletal, Sistem Neuropsikiatri, Sistem Kardiovaskular, Respirasi, Sistem Indera;
  2. Menguasai Konsep Teori Ilmu Kesehatan Masyarakat 2;
  3. Menguasai Konsep terori Ilmu Metodologi Penelitian dan Biostatistik;
  4. Menguasai Ketrampilan Klinik yang berkaitan dengan Endokrin Metabolik, Muskuloskeletal, Neuropsikiatri, Kardiovaskular,Respirasi dan Indera.
CPL Tahun III
  1. Menguasai Konsep Teori Ilmu Sistem Urogenitalia, Sistem Reproduksi, Gastroenterohepatologi, Kedokteran Forensik,Tumbuh Kembang dan Geriatri, Kegawatdaruratan dan Traumatologi;
  2. Menguasai Masalah Kesehatan Semiringkai dan Kepulauan (Mata Kuliah Penciri Fakultas);
  3. Menguasai Ilmu Kesehatan terkait Zoonosis (Mata Kuliah Penciri Fakultas);
  4. Menguasai Konsep Teori Ilmu Etika dan Hukum Kedokteran;
  5. Menguasai Ketrampilan Klinik yang berkaitan dengan Sistem Urogenitalia, Reproduksi, Gastroenterohepatologi, Kedokteran Forensik, Tumbuh Kembang dan Geriatri, Kegawatdaruratan & Traumatologi;
  6. Menguasai Mata Kuliah Penciri Universitas : Pendidikan Anti Korupsi.
CPL Tahun IV
  1. Menguasai Konsep Teori Ilmu Kedokteran Tropis, Kedokteran Komunitas;
  2. Mengaplikasikan Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kedokteran Komunitas melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata;
  3. Mengaplikasikan Ilmu Metodologi Penelitian dan Biostatistik dalam Bentuk Penelitian Ilmiah serta Mampu Mendiseminasikan Hasil Penelitian.

Capaian Pembelajaran (CPL) Pada Pendidikan Dokter FK Undana Mengacu Pada:

Rumusan Singkat Rumusan CPL
CP Sikap (Lampiran Permendikbud No. 3 Tahun 2020)

 

Setiap lulusan program pendidikan akademik dan profesi dokter harus memiliki sikap sebagai berikut:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
CP Ketrampilan Umum Sarjana Kedokteran (Lampiran Permendikbud No. 3 Tahun 2020)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
CP Ketrampilan

Umum Profesi Dokter (Lampiran Permendikbud No. 3 Tahun 2020)

 

 

  1. Mampu bekerja di bidang keahlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifik dan memiliki kompetensi kerja yang minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesinya;
  2. Mampu membuat keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis,dan kreatif;
  3. Mampu mengomunikasikan pemikiran/argumen atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi dan kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama masyarakat profesinya;
  4. Mampu melakukan evaluasi secara kritis terhadap hasil kerja dan keputusan yang dibuat dalam melaksanakan pekerjaannya oleh dirinya sendiri dan oleh sejawat;
  5. Mampu meningkatkan keahlian keprofesiannya pada bidang yang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja;
  6. Mampu meningkatkan mutu sumber daya untuk pengembangan program strategis organisasi;
  7. Mampu memimpin suatu tim kerja untuk memecahkan masalah pada bidang profesinya;
  8. Mampu bekerja sama dengan profesi lain yang sebidang dalam menyelesaikan masalah pekerjaan bidang profesinya;
  9. Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi dan kliennya;
  10. Mampu bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang   profesinya sesuai dengan kode etik profesinya;
  11. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
CP Pengetahuan (SKDI 2012)

 

Capaian Pembelajaran komponen pengetahuan terkait bidang Kedokteran disusun berdasarkan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) 2012 yang meliputi 7 Area Kompetensi yakni :

  1. Profesionalitas yang Luhur
  2. Mawas Diri dan Pengembangan Diri
  3. Komunikasi Efektif
  4. Pengelolaan Informasi
  5. Landasan Ilmiah Ilmu Kedokteran
  6. Keterampilan Klinis
  7. Pengelolaan Masalah Kesehatan
E.  CP Ketrampilan

Khusus (SKDI 2012 Area Kompetensi 6 / Ketrampilan Klinis dan Area Kompetensi 7 Pengelolaan Masalah Kesehatan

 

 

Area Ketrampilan Klinis :

  1. Melakukan prosedur diagnosis
  2. Melakukan prosedur penatalaksanaan yang holistik dan komprehensif

Area Pengelolaan Masalah Kesehatan

  1. Melaksanakan promosi kesehatan pada individu, keluarga dan masyarakat
  2. Melaksanakan pencegahan dan deteksi dini terjadinya masalah kesehatan pada individu, keluarga dan masyarakat
  3. Melakukan         penatalaksanaan         masalah kesehatan          individu,           keluarga          dan masyarakat
  4. Memberdayakan            dan      berkolaborasi dengan  masyarakat     dalam  upaya meningkatkan derajat Kesehatan
  5. Mengelola sumber daya secara efektif, efisien dan berkesinambungan dalam penyelesaian masalah Kesehatan

Mengakses        dan      menganalisis   serta menerapkan      kebijakan         kesehatan spesifik yang merupakan prioritas daerah masing-masing di Indonesia

F.  Penjabaran kompetensi 1.     Profesionalitas yang Luhur

Kompetensi Inti

Mampu melaksanakan praktik kedokteran yang profesional sesuai dengan nilai dan prinsip ke-Tuhan-an, moral luhur, etika, disiplin, hukum, dan sosial budaya.

2.    Mawas Diri dan Pengembangan Diri  Kompetensi Inti

Mampu melakukan praktik kedokteran dengan menyadari keterbatasan, mengatasi masalah personal, mengembangkan diri, mengikuti penyegaran dan peningkatan pengetahuan secara berkesinambungan serta mengembangkan pengetahuan demi keselamatan pasien.

3.   Komunikasi Efektif

Kompetensi Inti

Mampu menggali dan bertukar informasi secara verbal dan nonverbal dengan pasien pada semua usia, anggota keluarga, masyarakat, kolega, dan profesi lain.

4.   Pengelolaan Informasi

Kompetensi Inti

Mampu memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dan informasi kesehatan dalam praktik kedokteran.

5.   Landasan Ilmiah Ilmu Kedokteran

Kompetensi Inti

Mampu menyelesaikan masalah kesehatan berdasarkan landasan ilmiah ilmu kedokteran dan kesehatan yang mutakhir untuk mendapat hasil yang optimum.

6.     Ketrampilan Klinis

Kompetensi Inti

Mampu melakukan prosedur klinis yang berkaitan dengan masalah kesehatan dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain.

7.     Pengelolaan Masalah Kesehatan

Kompetensi Inti

Mampu mengelola masalah kesehatan individu, keluarga maupun masyarakat secara komprehensif, holistik, terpadu dan berkesinambungan dalam konteks pelayanan kesehatan primer.