(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Panduan Penulisan Skripsi

Sambutan Dekan
Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan
Universitas Nusa Cendana

Dengan mengucap puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, oleh karena rahmat-Nya, maka Tim penyusun buku Pedoman Penulisan Skripsi Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan (FKKH), Universitas Nusa Cendana dapat menyelesaikan buku ini dengan baik. Buku pedoman ini diperlukan sebagai panduan bagi mahasiswa dalam penyusunan skripsi yang merupakan tugas akhir dalam pendidikan sarjana. Berdasarkan SK Rektor Undana No. 5 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan di Universitas Nusa Cendana, maka untuk memperoleh gelar sarjana maka mahasiswa harus mengerjakan tugas akhir. Salah satu bentuk tugas akhir yang dilaksanakan adalah skripsi.

Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap semua pihak yang telah bekerja keras untuk ikut serta menyusun buku Pedoman Penulisan Skripsi PSPD FKKH Undana ini. Kami menyadari bahwa buku ini masih memerlukan perbaikan, karena itu akan selalu disempurnakan secara berkala berdasarkan masukan dari berbagai pihak maupun dari peraturan yang berlaku.

Besar harapan kami buku Pedoman Penulisan Skripsi ini bermanfaat bagi pengembangan penelitian, ilmu pengetahuan dan secara khusus menjadi penuntun bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter FKKH Undana dalam menyusun dan menyelesaikan skripsinya sebagai tugas akhir, sehingga kualitas tugas akhir bagi calon sarjana di FKKH Undana, semakin meningkat dan berdaya saing.

Kupang, November 2023
Dekan
Dr. dr. Christina Olly Lada, S.Ked.,M.Gizi

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat Nya sehingga buku pedoman penulisan skripsi berhasil disusun dan diterbitkan sebagai pedoman dalam penyusunan skripsi mahasiswa Program studi pendidikan dokter Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana. Skripsi ini merupakan persyaratan penyelesaian jenjang pendidikan tingkat sarjana untuk memperoleh gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked.).

PSPD FKKH Undana bertujuan mendidik mahasiswa melalui penyelenggaraan proses belajar mengajar agar dapat menjadi dokter yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan dalam melakukan tugas profesi sebagai dokter profesional yang berorientasi pada penyelesaian permasalahan kesehatan dengan pendekatan kedokteran primer dan melibatkan dokter-dokter pendidik dan tenaga-tenaga profesional lainnya. Skripsi merupakan salah satu aspek dalam memenuhi dan menunjang tujuan tersebut.

Skripsi adalah kegiatan penelitian yang dalam pelaksanaannya meliputi serangkaian proses secara keseluruhan mulai dari penulisan dan penyusunan proposal, seminar proposal, pelaksanaan penelitian, seminar hasil (draft skripsi), ujian skripsi,dan pengumpulan naskah skripsi yang sudah disahkan oleh dewan pembimbing, penguji, dan diketahui oleh dekan FKKH Undana.

Pedoman ini diharapkan dapat membantu dan menuntun mahasiswa dalam proses menulis/menyusun skripsi dan bermanfaat bagi dosen dan staf sebagai pedoman dalam memberikan bimbingan kepada mahasiswa. Dengan demikian diharapkan adanya kesamaan arah dan pandangan baik antar mahasiswa dan dosen pembimbing maupun antar dosen pembimbing sendiri.

Kupang, November 2023
Dekan
Dr. dr. Christina Olly Lada, S.Ked.,M.Gizi